Tim BPBD Kab. Kepulauan Selayar Laksanakan Kunjungan Ke BPBD Kab. Barru terkait Kordinasi mengenai D

  • Hari Rabu, Tanggal 06 Maret 2024
  • R.Endang

Badan Pengulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barru menerima kunjungan Tim BPBD Kabupaten Selayar pada Selasa kemarin (5/3/2024).

Kunjungan tersebut diterima langsung Kalaksa BPBD Kabupaten Barru, Umar SKM, M.Kes di Kantor BPBD Kab Barru pada Selasa kemarin (5/3/2024).

Sementara itu Tim dari BPBD Selayar Dipimpin Sekretaris BPBD Kabupaten Selayar di dampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Kabid Rehab Rekon dan Kasubag Program.

Untuk diketahui kedatangan BPBD Selayar ke Kab Barru atas rekomendasi BPBD Prov Sulsel bahwa Destana di Kabupaten Barru telah berjalan cukup lama dan berkelanjutan.

Kunjungan BPBD Kabupaten Selayar dalam rangka mengkoordinasikan terkait bagaimana melaksanakan kegiatan Fasilitasi Desa Tangguh Bencana.

Kabid PK BPBD Selayar Salim Muchtar menambahkan bahwa BPBD Selayar bermaksud melaksanakan pencanangan Desa Tangguh Bencana di Kab Selayar mengingat tingginya potensi bencana, khususnya Gempa dan Tsunami.

Kepala Bidang Pencegahan BPBD Barru, Abdul Muhaemin Hasan, menambahkan,Bahwa ada dua model fasilitasi Desa/Kelurahan Tangguh Bencana yang dilaksanakan di Kab. Barru, pertama untuk kelurahan, fasilitasi ditanggung sepenuhnya oleh APBD menggunakan anggaran BPBD Barru.

Kedua seluruh desa di Kab Barru didorong untuk melaksanakan kegiatan Fasilitasi Desa Tangguh Bencana secara mandiri melalui dana Desa.

Untuk diketahui dalam diskusi dihadirkan pula perwakilan Desa Tangguh Bencana dari Desa Lompo Tengah dan Desa Lasitae yang memberikan testimoni atau best practice kegiatan penanggulangan Bencana di desanya masing-masing.

Kunjungan BPBD Selayar kemudian dilanjutkan meninjau Kelurahan Tangguh Bencana yang telah difasilitasi oleh BPBD Barru di Kelurahan Takkalasi dan Tuwung.

Pada kegiatan kunjungan di Kelurahan Tangguh Bencana, BPBD Selayar berdialog dengan anggota forum PRB Kelurahan/Relawan kebencanaan yang ada.

(dikutip dari  : https://terassulsel.com/rekomendasi-bpbd-prov-sulseltim-bpbd-selayar-laksanakan-kunjungan-ke-bpbd-barru/)